Wednesday, March 21, 2018

Fakta Unik Otak

Fakta Unik Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh. Selain berfungsi untuk membantu kita berpikir, membuat keputusan, serta mengingat sesuatu, otak kita juga ternyata menyimpan banyak fakta menarik yang mungkin tidak pernah kalian dengar sebelumnya. Penasaran apa saja? Yuk simak! 

1. Otak kita terdiri dari 75% air

Dengan banyaknya jumlah air yang membentuk otak, dehidrasi ringanpun dapat mempengaruhi cara kita memperhatikan, mengingat sesuatu, dan melakukan kemampuan kognitif lainnya. 

2. Penasaran dengan sensasi saat menyentuh otak?

Kira-kira, bagaimana tekstur otak di pikiran kalian? Padat, keras, atau lembut? Ternyata, tekstur otak kita sangatlah lembut atau bisa dibilang squishy. Tingkat kelembutan otak bahkan lebih tinggi dibandingkan daging. Agar lebih mudah dibayangkan, tekstur otak kita kurang lebih mirip dengan tekstur tahu. Ya, selembut itu, gengs.

Maka dari itu, tak heran jika organ yang satu ini memiliki perlindungan yang sangat kuat, yaitu tulang tengkorak, selaput otak, serta cerebrospinal fluid. Hayo, masih berani naik motor tanpa mengenakan helm? 

3. Otak pria 10% lebih besar dibanding wanita

Umumnya, ukuran otak pria 10% lebih besar dibandingkan wanita. Meskipun begitu, hippocampus, bagian otak yang bertugas membantu seseorang untuk mengingat, ternyata berukuran lebih besar pada otak wanita. Nah, inilah penyebab mengapa wanita umumnya dapat mengingat secara lebih detail, terutama kalau soal kesalahan pasangannya di masa lalu nih.

4. 'Kita hanya menggunakan 10% kapasitas otak kita' adalah sebuah mitos

Jika kalian pernah menonton film 'Lucy', sebagian dari kalian mungkin akan percaya bahwa manusia hanya menggunakan sedikit dari kapasitas otaknya dan akan memiliki kemampuan super jika sudah menggunakan 100% kapasitas otaknya.

Namun, hal tersebut sebenarnya adalah mitos, gengs. Pasalnya, hampir seluruh kapasitas otak kita bekerja secara terus menerus, bahkan ketika sedang tidur dan bermimpi.

5. Kira-kira seberapa banyak pemikiran yang otak kita bentuk dalam sehari?

FYI, otak kita menghasilkan 50,000 pemikiran setiap harinya, lho! Itulah mengapa, otak memiliki sebutan random thoughts generator. 

6. Brain freeze adalah respon otak terhadap penurunan suhu

Pernahkah kepala kalian sakit ketika sedang menikmati es krim atau minuman dingin lainnya dengan terlalu cepat? Nah, penurunan suhu secara mendadak itulah yang merangsang terjadinya brain freeze.

Brain freeze merupakan respon otak terhadap penurunan suhu secara mendadak dengan cara meningkatkan tekanan darah. Hal ini digunakan sebagai 'alarm' agar kita dapat tetap tenang dan tidak terburu-buru.

No comments:

Post a Comment