Thursday, June 21, 2018

Gejala Serius Yang Sering Terjadi Pada Pria

Gejala Serius Yang Sering Terjadi Pada Pria

Seiring dengan pertambahan usia, laki-laki mengalami peningkatan risiko penyakit. Sayangnya kebanyakan laki-laki tidak melakukan checkup sebelum benar-benar jatuh sakit. Bukan karena tidak peduli dengan kesehatan, mereka melihat gejala-gejala ringan tersebut akan berhenti dengan sendirinya.

Menurut data US Agency for Healthcare Research and Quality, laki-laki memiliki kemungkinan 25 persen lebih kecil untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kesehatannya. Padahal, ada kondisi-kondisi yang tidak bisa diabaikan karena bisa menjadi penyakit yang serius. Apa saja? Kenali melalui penjelasan berikut ini!

1. Kondisi tahi lalat yang berubah

Tahi lalatmu berubah warna, bentuk, atau ukuran? Ini bisa menjadi tanda penyakit yang serius, lho. Perubahan tahi lalat adalah salah satu gejala dari melanoma, kanker kulit kronis. Biasanya tahi lalat akan membesar, berubah warna, gatal, dan bergerigi.

Untuk mencegahnya, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari yang berlebihan, gunakan tabir surya, dan hindari lampu matahari. Selain itu, jika kondisi sudah parah, pengangkatan tahi lalat kemungkinan akan dilakukan.

2. Mendengkur yang berlebihan

Mendengkur yang berlebihan ternyata tidak bisa diiabaikan. Tidak hanya mengganggu tidur, mendengkur adalah gejala dari sleep apnea.

Penyakit tersebut bisa menyebabkan kesulitan bernapas saat tidur hingga menyebabkan kematian. Jika berbaring miring atau tengkurap tidak bisa mengatasi dengkuranmu, kamu harus periksa ke dokter.

3. Heartburn yang sering terjadi

Heartburn sebenarnya bukanlah masalah yang serius jika kamu tidak mengalaminya lebih dari dua kali dalam seminggu. Heartburn yang sering terjadi adalah gejala dari GERD, penyakit asam lambung.

Penyakit tersebut bisa menyebabkan radang dan pendarahan pada lambung. Selain gejala GERD, heartburn juga bisa menandakan infeksi bakteri H. Pylori yang merusak dinding lambung dan usus halus.

4. Kelelahan yang berlebihan

Kelelahan biasanya dapat hilang setelah seseorang mendapatkan istirahat dan makan yang cukup. Namun, jika kamu merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi hal berbahaya sedang terjadi di dalam tubuhmu. Ada beberapa penyakit yang memiliki gejala seperti ini. Di antaranya adalah kanker, infeksi, penyakit ginjal, hati, diabetes, hingga gagal jantung. Jika kamu merasakan hal ini jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter.

5. Sakit pada alat kelamin

Jika kamu merasakan nyeri pada perut bagian bawah hingga alat kelamin, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter. Ada banyak hal yang mungkin menyebabkan rasa sakit tersebut. Mulai dari batu ginjal, prostatitis, orchitis, hingga torsio testis. Jika kamu terlambat menanganinya, bisa berakibat fatal.

6. Sering buang air kecil

Buang air kecil adalah hal yang normal untuk manusia. Malah jika tidak bisa melakukan proses ekskresi tersebut, tubuh berarti tidak sehat. Namun terlalu sering buang air kecil juga menandakan adanya penyakit, lho.

Gejala tersebut diikuti dengan rasa haus yang berlebihan. Ini adalah tanda dari penyakit gula atau diabetes. Pankreas tidak bekerja dengan baik sehingga tubuh berusaha mengeluarkan sisa glukosa melalui urine.

7. Lecet yang gatal

Lecet sering didapatkan oleh laki-laki, terutama yang sering berolahraga, mendaki, atau melakukan pekerjaan berat. Ini hal yang sangat biasa terjadi. Namun jika kamu merasakan gatal dan kemerahan yang berlebihan, ini bisa menjadi gejala selulitis.

Selulitis adalah infeksi kulit dan jaringan lunak di bawah kulit yang menyebabkan peradangan. Jika gejala semakin buruk dan diabaikan, kamu bisa mengalami hal yang lebih buruk, yaitu amputasi hingga kematian. Pada umumnya dokter akan memberikan penghilang rasa sakit dan antibiotik untuk mengobatinya.

Tidak mengherankan, laki-laki memiliki statistik kesehatan yang lebih buruk daripada perempuan. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, laki-laki lebih berisiko mati akibat penyakit jantung, kanker, dan penyakit paru-paru. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan dan kenali gejala-gejala penyakit seperti yang sudah dijelaskan di atas.

No comments:

Post a Comment