Thursday, January 17, 2019

Bagian Tubuh Kita Yang Tidak Berguna

Bagian Tubuh Kita Yang Tidak Berguna

Tubuh manusia memiliki sejumlah organ yang ternyata tidak ada gunanya. Kita tidak lagi mengandalkan mereka untuk fungsi-fungsi yang serius. Atau bisa jadi mereka sudah berhenti berkembang sehingga tidak lagi menjalankan fungsi dengan baik. Namun bukan berarti kita tidak membutuhkan organ-organ tersebut.

Hal ini menjadi bukti bahwa tubuh manusia terus berevolusi. Fungsi-fungsi organ berkembang dan beberapa di antaranya menjadi tidak berguna. Apa saja organ tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

1. Usus buntu

Kamu pasti sudah tidak asing dengan operasi usus buntu, kan? Itu membuktikan bahwa kita bisa hidup tanpa kantong kecil yang terhubung di usus besar tersebut.

Dulunya usus buntu berperan untuk membunuh bakteri dan mikroba yang ada di makanan sehingga kita tidak sakit. Namun sekarang fungsi tersebut tidak lagi dijalankannya. Alih-alih, jika terjadi peradangan di organ tersebut kita bisa jatuh sakit dan harus menjalani operasi.

2. Tulang ekor

Jika teori Darwin yang menyatakan bahwa kita memiliki nenek moyang yang sama dengan kera, maka masuk akal bila dulunya manusia memiliki ekor. Mamalia membutuhkan ekor sebagai alat keseimbangan.

Namun ketika ekor tersebut semakin mengecil, kita tidak lagi memerlukan tulang ekor. Kini fungsinya berganti untuk membantu kita duduk.

3. Puting laki-laki

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan orang adalah mengapa laki-laki memiliki puting? Saat berada di dalam rahim terutama di awal kehamilan, jenis kelamin fetus bisa berubah.

Pada awalnya semua fetus adalah perempuan. Hormon testosteron bisa mengubahnya menjadi laki-laki atau tetap perempuan.

4. Rambut tubuh

Sebagian orang percaya bahwa rambut tubuh bisa menghangatkan tubuh di saat dingin. Namun ini sebenarnya tidak benar. Saat manusia berevolusi, rambut tubuh menjadi lebih tipis dibandingkan dengan zaman dahulu sehingga fungsi tersebut tidak lagi dijalankan. Namun kita masih memiliki rambut tubuh yang berguna, yaitu alis dan bulu mata.

5. Gigi bungsu

Sebagian orang bisa baik-baik saja walaupun gigi bungsunya dicabut. Dulunya gigi tersebut berfungsi untuk mengunyah makanan yang keras.

Ini berlangsung saat nenek moyang kita belum mengenal cara memasak yang baik sehingga mereka masih makan tulang, daging yang keras, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, manusia lebih sering mengonsumsi makanan yang halus sehingga gigi bungsu tidak lagi menjalankan fungsinya.

6. Otot telinga

Kamu pernah melihat orang yang bisa menggerakkan telinganya? Hanya sebagian orang yang bisa melakukannya. Ini karena kita memiliki otot di bagian telinga. Namun gerakan tersebut tidak ada gunanya.

7. Kelingking kaki

Menurut sains, jari kelingking kaki tidak memiliki fungsi apa-apa. Kamu tidak menggunakannya untuk menjaga keseimbangan, berjalan, maupun menggenggam sesuatu. Dulunya, jari tersebut berguna untuk memanjat pohon. Walaupun begitu kamu masih membutuhkannya untuk melengkapi jari kakimu.

8. Selaput dara

Selaput dara kerap kali dianggap sebagai tanda seorang wanita masih perawan atau tidak. Namun sebenarnya selaput yang terletak di bagian dalam vagina tersebut tidak memiliki fungsi apa pun.

No comments:

Post a Comment