Thursday, January 31, 2019

Penyebab Otak Lemot

Penyebab Otak Lemot

Otak memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk memberikan perintah kepada seluruh organ tubuh. Oleh karena itu, ketika otak mengalami gangguan seperti menjadi lambat berpikir, hak tersebut akan sangat berpengaruh bagi kinerja organ saraf lainnya.

Lalu, apa pemicu terjadinya kemampuan otak yang semakin tumpul? Simak informasi jelasnya berikut ini!

1. Jarang melatih otak

Otak yang jarang dilatih untuk berpikir ternyata dapat membuat penurunan kinerja otak itu sendiri. Salah satu cara untuk menghindari kondisi tersebut, kami bisa mencoba untuk bermain permainan yang mengasah otak seperti puzzle, catur, atau teka-teki silang.

2. Terlalu bergantung pada kecanggihan teknologi

Terlalu sering menghabiskan waktu dengan bermain gawai ternyata dapat menimbulkan kelemahan daya pikir pada otak. Hal ini karena kecanggihan yang ditawarkan smartphone membuat kamu menjadi malas untuk melakukan berbagai kegiatan. Sebab, dengan adanya smartphone, kamu dapat lebih mudah melakukan berbagai kegiatan tersebut.

3. Stres

Stres yang berlebihan nyatanya dapat menurunkan daya ingat dan kinerja otak. Hal ini karena perubahan mood dan stres dapat menyerang ingatan spesial yang berfungsi untuk membantu kamu mengingat tempat dan mengaitkannya dengan objek tertentu. Menghindari stres yang berlebihan merupakan tips efektif untuk meningkatkan kinerja otak.

4. Kebiasaan meminum minuman beralkohol

Minuman mengandung alkohol pada dasarnya memiliki pengaruh yang buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah merusak jaringan yang ada pada otak. Oleh karena itu, sangat fatal mengonsumsi alkohol bagi kinerja otak.

5. Mengonsumsi gula berlebihan

Tidak hanya dapat menaikkan gula darah dan menyebabkan diabetes, konsumsi gula yang berlebihan juga mampu menurunkan kinerja otak. Hal ini karena gula yang berlebihan akan mengganggu penyerapan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan tidak tercukupi dengan baik.

6. Jarang olahraga

Kurangnya olahraga ternyata tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, akan tetapi juga kesehatan mental. Sebab, tubuh yang jarang melakukan olahraga akan terasa kurang sehat dan bugar. Kondisi tersebut akan memicu kinerja otak akibat suplai oksigen ke otak mengalami penurunan.

7. Kurang tidur

Tidak hanya tubuh yang memerlukan istirahat, sebab otak juga membutuhkan istirahat. Kurangnya istirahat khususnya tidur akan membuat suplai oksigen otak terganggu. Akibatnya otak akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi bahkan dapat menimbulkan pusing dan mual.

Beberapa hal tersebut merupakan penyebab otak kamu bekerja semakin lambat. Oleh karenanya, jika kamu tidak ingin memiliki otak yang berpikir lebih lambat dari orang lain sebaiknya mulai hindari hal-hal di atas.

No comments:

Post a Comment