Saturday, February 2, 2019

Kemampuan Super Yang Hanya Dimiliki Hewan

Kemampuan Super Yang Hanya Dimiliki Hewan

Evolusi telah terjadi selama jutaan tahun, menghasilkan organisme-organisme yang semakin sempurna beradaptasi sesuai dengan lingkungannya. Adaptasi ini ternyata termasuk kemampuan yang dianggap kekuatan super jika manusia memilikinya. Namun kekuatan super ini sangat nyata ada di dunia hewan. Louise Gentle, dosen senior di bidang Behavioural Ecology dari Nottingham Trent University menelitinya lebih lanjut. Apa saja? Ini 5 di antaranya!

1. Ekolokasi (Echolocation)

Kelelawar, terlepas dari sebagai hewan malam, ternyata gak bisa melihat dalam gelap. Mereka berevolusi dengan memiliki kemampuan yang disebut sebagai echolocation untuk bernavigasi dan mengetahui letak mangsa di malam hari. Kelelawar mengeluarkan gelombang suara berfrekuensi sangat tinggi dan mendengarkan gema yang terpantul dari objek di sekitarnya. Perbedaan waktu antara mengeluarkan gelombang suara dengan penerimaan kembali gemanya mampu membuat kelelawar membangun "gambaran" lingkungannya. Di dunia superhero, kamu mengenal kemampuan ini dimiliki oleh Daredevil.

2. Daya tangkap magnet

Penjahat X-Men yang bernama Magneto bisa merasakan dan memanipulasi medan magnet dengan pikirannya. Ternyata beberapa hewan juga memiliki kemampuan yang disebut “magnetoreception”. Kemampuan ini mereka gunakan untuk bernavigasi dan mengarahkan diri mereka. Misalnya burung merpati mampu kembali ke rumah mereka dengan menggunakan medan magnet bumi untuk bernavigasi. Walaupun belum ada penelitian terkait mekanisme pastinya, burung merpati memiliki substansi yang disebut sebagai magnetite di paruhnya, yang menjadi termagnetisasi ketika terekspos medan magnet.

3. Perubahan bentuk

Masih dari dunia X-Men, kemampuan perubahan bentuk bisa dilakukan oleh Mystique. Beberapa hewan langka mampu memanipulasi bentuk dan ukuran mereka di dunia nyata, terutama mimic octopus atau gurita peniru. Ia mampu mengubah warna, perilaku, bentuk dan teksturnya dengan meniru banyak macam spesies. Setidaknya ada 13 jenis spesies yang pernah terekam ditiru olehnya, termasuk: ular laut, ubur-ubur dan anemon laut. Kebanyakan hewan yang ditiru adalah jenis yang beracun agar ia menakuti predatornya. Namun gak jarang ia juga meniru mangsanya agar mampu memangsanya lebih mudah karena sempat dikira kawan.

4. Menyerap kekuatan

Kemampuan untuk menyerap kekuatan super orang lain tentunya adalah kekuatan yang sangat luar biasa, seperti Rogue di X-Men yang mampu menyerap kemampuan siapapun yang ia sentuh. Ternyata kemampuan serupa dimiliki burung-burung Pitohui di New Guinea. Bulu dan kulitnya mengandung substansi berbahaya, membuatnya sebagai satu-satunya burung beracun di dunia. Ini membuat mereka bertahan dari predator. Mereka diketahui mendapatkankan kekuatannya dengan terus memakan kumbang Choresine. Jadi mereka menyerap "kekuatan" kumbang tersebut. Racun ini bahkan ditemukan di telurnya dan anak burung yang baru menetas sehingga mereka berbahaya bagi predatornya.

5. Senjata kimiawi

Seekor hewan bahkan memiliki senjata seperti di dunia superhero. Kumbang bombardier diketahui memiliki mekanisme bertahan yang membuat mereka mampu menghasilkan bom gas asam untuk menyerang predator seperti semut. Dalam kasus ekstrim, mereka bisa membombardir predatornya dengan dosis mematikan dari bom kimiawi ini sampai membunuhnya. Bom asam ini terdiri dari dua senyawa kimia yang disimpan secara terpisah di bagian perutnya. Ketika merasa terancam, kumbang ini akan menyampurkan dua senyawa tersebut, menghasilkan campuran mendidih yang meledak dari ujung perutnya sebagai gas mematikan.

Penelitian kekuatan super ini masih terus berlanjut baik pada hewan maupun manusia. Walaupun superhero diangkat dari imajinasi fiksi, tentunya ada sesuatu yang menginspirasi mereka kan? Penelitian ilmiah seperti inilah salah satu sumber inspirasinya. Penelitian ini dipublikasi oleh Royal Society of Chemistry dalam sebuah bab di "The Secret Science of Superheroes”.

No comments:

Post a Comment