Monday, April 29, 2019

Cara Menambah Uang Lewat Instagram

Cara Menambah Uang Lewat Instagram

Cara menggunakan Instagram untuk menambah kekayaan kini banyak dipilih orang seiring perkembangan zaman yang semakin maju.

Tak bisa dipungkiri, banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di era digital seperti saat ini. Salah satunya, lewat Instagram.

Instagram kini tak hanya digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti mengunggah foto atau video di feed atau instastory. Tapi juga dijadikan ajang untuk berjualan dan mempromosikan barang jualan, misalnya melalui jasa selebgram.

Jadi, bisa dibilang Instagram menjadi salah satu wadah atau cara buat kamu yang ingin memiliki banyak uang. Kamu jadi gak perlu mengeluarkan bujet lebih untuk membuka toko atau melakukan promosi ke sana kemari.

Hanya perlu menyiapkan laptop atau smartphone dan internet, kamu sudah bisa berjualan dan menghasilkan banyak cuan. Enak banget, kan?

Kemudahan itulah yang membuat banyak orang beralih untuk berjualan di Instagram. Tak terkecuali, para selebriti baik di Indonesia maupun luar negeri.

Nah, buat kamu yang ingin tajir melintir lewat Instagram, kali ini MoneySmart ingin memberikan beberapa trik simpel cara menggunakan Instagram yang tepat untuk berjualan. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini Instagram tak hanya dijadikan sebagai ajang berbagi aktivitas sehari-hari, tapi juga dimanfaatkan banyak orang untuk berjualan.

Karena itu, para pengguna Instagram tentu udah gak asing lagi melihat banyaknya online shop, mulai dari jualan makanan, baju, kosmetik dan lainnya.

Agar berjualan kamu berjalan lancar, disarankan mengganti profil instagram-mu dengan bisnis. Pasalnya, dengan akun bisnis Instagram, kamu bisa dengan mudah menjangkau calon konsumen bisnis.

Nah, Instagram bisnis itu sendiri memiliki beberapa fitur yang tak dimiliki akun Instagram pribadi. Karena ya itu tadi, pada dasarnya Instagram bisnis memang dikhususkan untuk keperluan bisnis.

Apa aja fiturnya? Beriku tiga di antaranya, seperti dikutip dari oozlemedia:

1. Content insight
Fitur content insight yang ada pada Instagram bisnis dapat menunjukkan aktivitas yang kamu lakukan pada posting-an dan juga story.

Kamu dapat melihat posting-an dan story kamu yang diurutkan berdasarkan jangkauan, tayangan, keterlibatan, penyuka, pengikut, kunjungan profil hingga komentar.

Informasi-informasi yang diberikan fitur tersebut tentu saja sangat berguna untuk mengukur dan mengetahui posting-an mana yang bekerja dengan baik.

Mulai dari content, waktu posting hingga images yang ditampilkan. Dengan begitu, kamu bisa mengelola akun jualan kamu dengan lebih baik dan tepat sasaran karena disukai para pengikutmu.

2. Activity insights
Selanjutnya, ada fitur activity insights yang dapat mencakup interaksi. Apa maksudnya? Ya, jadi interaksi tersebut akan memberikan bagaimana aktivitas Instagram kamu selama seminggu terakhir. Seperti kunjungan profil hingga jumlah klik pada tautan yang kamu cantumkan.

Gak cuma itu aja, jumlah klik pada tombol telepon, email dan juga maps juga akan ditampilkan lewat fitur tersebut. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui berapa kali posting-an kamu dilihat, termasuk tampilan berulang pada seminggu terakhir.

3. Audience insights
Sedangkan untuk fitur audience insights akan menunjukkan informasi tentang para pengikut kamu. Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga lokasinya. Nah, informasi tersebut juga diurutkan dari yang paling banyak hingga yang terkecil.

Bahkan, fitur ini juga menujukkan waktu rata-rata dan hari dalam seminggu posting-an kamu banyak dilihat dan mendapatkan banyak like.

Jadi, fitur ini sangat bermanfaat untuk merencanakan apa dan kapan kamu harus mem-posting untuk memperoleh kunjungan terbaik. Tentu sangat memudahkan banget kan untuk berjualan!

Instagram Ads bertujuan untuk lebih banyak menjangkau konsumen di dunia maya. Jadi, postingan kamu di feed maupun di story tak hanya dapat dilihat para pengikutmu saja, tapi akun Instagram yang bukan menjadi followers kamu.

Dengan begitu, tentu aja posting-an dan story kamu akan lebih banyak dilihat orang. Lalu, gimana cara menggunakan Instagram Ads? Berikut, langkah-langkah mudahnya:

1. Buat Fanpage di Facebook
Untuk dapat beriklan di Instagram, terlebih dahulu kamu harus membuat fanpage di Facebook. Karena sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012, platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager.

Jadi, dengan fanpage ini kamu tidak hanya beriklan di Facebook saja, tapi juga bisa sekaligus di Instagram.

2. Pilih Create Ads
Setelah membuat Fanpage, kamu langsung mengunjungi Ads Manager Facebook, dan klik tombol “Create Ads” pada bagian kanan atas.

3. Pilih tujuan memasang iklan
Selanjutkan, kamu akan disuguhkan tiga kategori yang menjadi tujuanmu beriklan, yaitu Awareness, Traffic, dan Conversion.

Kamu diminta untuk memilih apa tujuanmu memasang iklan di Instagram. Selain itu, Instagram juga akan menyuguhkan kategori mendukung Instagram Ads, seperti Brand Awarenss, Reach, Traffic, App Installs, Engagement, Video Views, dan Conversions.

Pilihlah yang memang sesuai dengan tujuan kamu beriklan.

4. Tentukan target audiens, anggaran, dan jadwal iklan
Setelah kamu sudah memilih tujuan beriklan, maka tahap selanjutnya menentukan target audiens, berapa bujet yang kamu miliki, dan jadwal penayangan iklannya.

Nah, pada kolom audiens, kamu bisa menentukan target pengguna Instagram yang kamu tuju, seperti usia, gender, hobi, bahasa dan lainnya.

Lalu, kamu akan diminta menentukan berapa biaya yang mau dikeluarkan untuk iklan tersebut dan kemudian diminta mengisi jadwal kapan dan berapa lama iklan ditayangkan.

5. Format iklan
Jika semua sudah dipilih, selanjutnya kamu akan diminta memilih format penayangannya. Kemudian, mengunggah gambar yang dipilih serta keterangan gambarnya.

Pada saat kamu menulis keterangan, di kolom atas ada pilihan “Instagram Account”. Lalu, masukkan username dan juga password-nya.

Jangan lupa juga memilih call-to-action dan memasukkan URL yang akan ditampilkan di Instagram Ads nanti. Selesai deh. Mudah banget kan?

Sekadar diketahui, harga untuk beriklan di Instagram juga cukup terjangkau lho! Kenapa? Pasalnya, iklan yang dibuat itu tergantung dengan anggaran yang kamu siapkan. Jadi, gak ada range harganya.

Karena harganya ditentukan dari apa yang ingin kamu capai, jumlah  orang yang ditargetkan. Jadi, bisa dibilang, harganya itu ditentukan oleh kamu.

Itulah cara menggunakan Instagram dengan bijak untuk menghasilkan cuan dan meraup banyak pundi-pundi rupiah. Gimana, tertarik untuk mulai terjun berjualan lewat Instagram?

No comments:

Post a Comment