Friday, November 29, 2019

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami


Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Sakit tenggorokan memang akan memberikan rasa yang tidak nyaman saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman. Biasanya rasa sakit yang muncul di tenggorokan disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Ada berbagai cara mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah menggunakan obat-obatan alami.

Sakit atau nyeri pada tenggorokan memang bisa menyerang siapa saja, tidak peduli usia dini maupun mereka yang sudah dewasa. Sakit dan nyeri yang terjadi di tenggorokan memang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi atau virus dan biasanya akan sembuh dalam waktu kurang lebih satu minggu. Namun demikian, meskipun bisa sembuh hanya dalam beberapa hari, rasa nyeri dan sakit yang ada pada tenggorokan tentu akan membuat Anda tidak nyaman dan memang perlu untuk diobati.

Apabila saat ini Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, di bawah ini adalah beberapa langkah atau tips alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan kumur-kumur menggunakan air garam. Dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam memang merupakan salah satu obat alami yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Air hangat yang sudah dicampur dengan garam memang mampu untuk mengurangi bengkak yang ada di tenggorokan. Selain itu juga mampu untuk mencairkan lendir.
  2. Perbanyak minum air putih. Air putih memang merupakan salah satu obat alami yang mampu untuk digunakan dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah mampu untuk meredakan nyeri atau sakit pada tenggorokan. Air putih memang memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh manusia.
  3. Air perasan lemon. Lemon adalah salah satu buah yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Caranya juga sangat mudah campurkan air perasan lemon dengan menggunakan air hangat. Lakukan kumur-kumur dalam beberapa detik. Ulangi hal tersebut beberapa kali dalam sehari.

Adanya rasa nyeri atau sakit pada tenggorokan memang sebagian besar disebabkan oleh virus. Dari infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut kemudian akan menjadikan flu, pilek sampai dengan sesak nafas. Tidak hanya bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri, namun sakit pada tenggorokan bisa juga disebabkan oleh cuaca yang sangat panas dan udara yang kering. Selain itu polusi udara juga dipercaya mampu untuk menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada tenggorokan.

Meskipun ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan, jadi alangkah lebih baik bila Anda mulai sekarang kenali bagaimana cara atau tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan selalu memastikan bahwa Anda akan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir setiap habis dari luar rumah baik sebelum melakukan aktivitas atau sesudahnya. Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu apabila sudah merasa ada yang tidak enak di tenggorokan hindari makanan yang berminyak dan berhenti merokok apabila Anda seorang perokok.

Cara mengobati sakit tenggorokan memang sangat mudah dan tidak susah. Namun Anda juga perlu waspada dan hati-hati bila sakit tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung sembuh dan malah kondisinya semakin buruk. Segera konsultasikan dengan dokter dan mintalah obat yang sekiranya cocok dan memiliki dosis yang tepat untuk bisa segera menyembuhkan sakit pada tenggorokan Anda.


No comments:

Post a Comment