Thursday, February 27, 2020

Macam Ranjang untuk Pasien yang Sakit


Macam Ranjang untuk Pasien yang Sakit

Ranjang pasien atau bed pasien merupakan salah satu item yang paling dibutuhkan untuk melakukan perawatan pada pasien, baik untuk perawatan di rumah sakit ataupun di rumah. Ranjang pasien juga memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi sesuai dengan kebutuhan dan penyakit yang dimiliki oleh pasien tersebut. Bagi Anda yang sedang mencari ranjang untuk mengurus keluarga Anda yang sakit di rumah, berikut beberapa macam ranjang yang perlu Anda ketahui.

  1. Tempat tidur pasien elektrik
Ranjang dengan sistem elektrik merupakan ranjang yang cukup nyaman digunakan untuk merawat pasien. Di rumah sakit, biasanya ranjang ini ada di rumah sakit VIP. Ranjang ini bisa diatur dengan sistem remote dan dengan cara menekan tombol. Ini bisa memudahkan pasien dalam mengatur sandaran kepala, kaki, atau punggung.

Selain itu, ranjang ini juga memiliki rem di bagian rodanya sehingga lebih aman bagi pasien ketika didorong oleh perawat. Fasilitas lain dari ranjang ini adalah kasurnya yang biasanya lebih empuk dan lebih tebal. Ukuran ranjang elektrik ini juga biasanya lebih besar dibanding bed pasien yang lain sehingga lebih nyaman ketika digunakan oleh pasien.

  1. Tempat tidur pasien manual
Ranjang pasien dengan sistem manual merupakan ranjang yang harus dioperasikan secara manual jika Anda ingin mengatur posisi. Penggunaan ranjang ini harus diputar searah jarum jam untuk mendapat posisi yang nyaman untuk si pasien. Dengan pengaturan manual ini, Anda masih bisa mengatur posisi kepala, punggung, atau kaki si pasien. Ukuran ranjang ini biasanya lebih kecil dibanding tempat tidur pasien dengan jenis elektrik.

  1. Tempat tidur pasien satu engkol / crank
Tempat tidur jenis ini hanya memiliki satu manfaat, yaitu di bagian kepala saja untuk membuat kepala si pasien lebih merasa nyaman. Penggunaan tempat tidur dengan satu engkol ini juga harus diatur dengan manual dan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengoperasikannya.

  1. Tempat tidur pasien dua engkol / crank
Jika tempat tidur satu engkol memiliki satu manfaat di kepala, maka tempat tidur pasien dengan dua engkol juga memiliki satu manfaat untuk di bagian kaki. Dengan tempat tidur jenis ini, kaki si pasien bisa dinaikkan sehingga terlihat seperti menekuk ke atas. Penggunaan tempat tidur ini juga harus dioperasikan secara manual oleh perawat atau orang lain.

  1. Tempat tidur pasien tiga engkol / crank
Tempat tidur ini merupakan gabungan dari jenis tempat tidur satu engkol dan dua engkol. Pada tempat tidur ini Anda bisa mengatur beberapa bagian, seperti di bagian kepala, punggung, atau kaki.

Seperti tempat tidur engkol lainnya, jenis ini juga harus dioperasikan secara manual. Tempat tidur dengan tiga engkol didesain untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat digunakan pasien maupun perawat yang melakukan pemeriksaan.

Itulah beberapa jenis bed pasien yang bisa digunakan untuk perawatan pasien baik di rumah sakit ataupun di rumah. Untuk penggunaan ranjang pasien, Anda bisa menggunakan produk-produk dari Homecare.


No comments:

Post a Comment