Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Gempa Dahsyat Yang Pernah Terjadi Di Indonesia, Salah Satunya Terasa Hingga Mancanegara

Bukan rahasia lagi jika negara kita berada di wilayah Ring Of Fire, yakni suatu daerah yang terletak di lingkaran api pasifik. 

Daerah yang terletak di ring of fire biasanya akan sering mengalami gempa maupn letusan gunung berapi.

Melihat fakta tersebut tentu kita sendiri harus selalu waspada, minimal ya tahu cara yang harus kita lakukan saat terjadi bencana tersebut.

Masalahnya bukan hanya mengalami kerugian harta benda saja, dari beberapa gempa dahsyat yang terjadi Indonesia juga banyak memakan ratusan bahkan ribuan korban jiwa. Oleh karena itu kita harus tetap waspada karena bencana tidak ada yang tahu datangnya.

Gempa Dahsyat Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
Sumber : Kaltimtoday.co

6 GEMPA DAHSYAT YANG PERNAH TERJADI DI INDONESIA


Nah, berikut adalah 6 gempa dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia yang telah di rangkum Indoporka.

1. Gempa Nias Tahun 2005

Gempa yang terjadi pada tanggal 8 Maret 2005 pukul 23:09 ini menjadi salah satu gempa dahsyat yang memakan korban jiwa sebanyak 1346 orang meninggal dunia.

Pusat gempa yang berada di dasar Samudra Hindia sekitar pulau Nias dan pulau Simeulue ini tercacatat BMKG berkekuatan hingga 8,2 skala richter.

Gempa yang getarannya terasa hingga Bangkok Thailand ini kemungkina di picu karena gempa sebelumnya yang terjadi di Aceh pada tahun 2004.

2. Gempa Pangandaran Tahun 2006

Seperti kita tahu bahwa pada tanggal 17 Juli 2006, Pangandaran di guncang gempa hebat berkekuatan 7,7 magnitudo.

Gempa yang terletak di lepas pantai Pangandaran ini menimbulkan gelombang tsunami setinggi 21 meter. 

Berdasarkan info dari WHO, korban yang di timbulkan dari bencana tersebut adalah sebanyak 668 orang tewas, 65 orang hilang dan di asumsikan meninggal, sementara korban luka sebanyak 9.299 jiwa.

3. Gempa Aceh Pada tahun 2004


Gempa dahsyat yang terjadi pada tanggal 26 Dsember 2004 pukul 07:58 merupakan sebuah peristiwa alam mengerikan kala itu.

Gempa yang terjadi di dasar Samudra Hindia, lepas pantai Sumatera ini berkekuatan 9,1 dan meningkat menjadi 9,1 dan 9,3.

Tidak hanya berdampak di Indonesia, negara lain seperti Myanmar, Laos, Thailand, India, Sri Lanka dsb.

Menurut ilmuwan Nasa, akibat gempa dan tsunami itu menewaskan sekitar 230.000 nyawa manusia.

Selain itu, akibat gempa dahsyat tersebut mampu menggeser Kutub Utara beberapa centimeter.

4. Gempa Jogjakarta Pada Tahun 2006

Selain gempa pangandaran, pada 2006 Indonesia juga mengalami gempa dahsyat tepatnya di Jogjakarta pada 27 Mei pukul 05:55 selama 57 detik.

Tidak hanya korban meninggal sebanyak 6.234 jiwa, akibat gempa tersebut juga merusak banyak fasilitas umum serta banyak rumah yang rata dengan tanah.

5. Gempa Padang Pada Tahun 2009

Berkekuatan 7,6 skla richter, Pulau Sumatra kembali di guncang gempa hebat tepatnya di Padang.

Gempa yang terjadi pada tanggal 30 September tahun 2009 di lepas pantai Sumatera ini menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di pulau Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Buki tinggi dsb.

Gempa tersebut juga banyak merusak fasilitas umum dan memakan korban jiwa sebanyak 1.117 meninggal.

6. Gempa Donggala, Palu  Pada tahun 2018

Terjadi di hari Jumat pada tanggal 28 September 2018, gempa yang berkekuatan 7,4 skla richter ini mengguncang pulau Sulawesi bagian Utara.

Gempa yang berada di darat sekitar kecamatan Sirenja 26 km utara dari Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km ini memicu tsunami hingga setinggi 1,5 - 3 meter di Palu dan Donggala.

Tidak hanya memicu gelombang raksasa, tetapi gempa ini juga memicu pergerakan tanah yang biasa di sebut likuifaksi.

Korban tewas dari bencana ini sebanyak 2.113 orang, 1.309 hilang sementara korban luka sebanyak 4.612 yang tersebar di beberapa rumah sakit.

Penutup


Itulah beberapa gempa dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia, setiap rezeki, maut dan jodoh, kita tidak akan tahu kapan datangnya dan kapan perginya.






 

Posting Komentar untuk "6 Gempa Dahsyat Yang Pernah Terjadi Di Indonesia, Salah Satunya Terasa Hingga Mancanegara"