Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Atau Telur Yang Duluan? Jawabannya Asli Bikin Kaget!

Ayam atau telur yang duluan?

Dari zaman kepala ular masih ada di depan hingga saat ini ekornya juga masih ada di belakang, hal yang masih sering di perdebatkan ialah tentang misteri ayam atau telur yang terlebih dahulu ada.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya, saya saranin ni untuk baca artikel ini sampai habis ya agar penasaran kamu selama ini bisa terjawab sob.

Mana yang lebih dulu ada, telor atau ayam?

Ayam atau telur yang lebih dulu ada
Ayam atau telur yang lebih dulu ada


Menurut kamu sendiri mana ni yang lebih dulu ada telor atau ayam sob?

Jika kamu berfikir telor lebih dulu ada di banding ayamnya maka jawaban kamu salah sob karena yang benar ayamlah yang terlebih dahulu ada.

Mari kita fokus terlebih dahulu kepada alasan kenapa ayam yang terlebih dahulu ada dibanding telor.

Menurut hasil riset tim ilmuwan dari Sheffield dan Warwick University ayamlah yang terlebih dahulu ada.

Hal tersebut karena bahan pembentuk cangkang ayam adalah protein yang hanya bisa ditemukan dari induk ayam, jadi telor hanya bisa di proses dari ayam tersebut sob.

Oke sampai disini mungkin sedikit ngerti ya alasan kenapa ayam yang lebih dulu ada.

Lalu bagaimana cara ilmuwan tersebut berhasil menjawab teka teki dari misteri ayam atau telor yang lebih dulu ada?

Seperti di kutip dari Kompas.com Para tim ilmuwan tersebut menggunakan alat super komputer bernama Hector yang berada di Edinburg, Scotlandia.

Alat tersebut berfungsi untuk memperbesar proses pembentukan sebuah telur di dalam tubuh ayam, nah, dari hasil penelitian tersebut para tim ilmuwan menemukan sebuah protein bernama Ovocleidin-17 atau OC-17 yang berfungsi sebagai katalis untuk mempercepat proses pembentukan cangkang tersebut sob.

Jadi selain OC-17 bisa di katakan hanya terdapat pada seekor ayam tanpa protein OC-17 sebuah telur tidak dapat di bentuk sob.

Pasalnya OC-17 ini mempunyai peranan penting yang berufungsi sebagai kristalisasi yang merubah sebuah kalsium karbonat menjadi kristal keras sebagai bahan pembentuk cangkang telor bro.

Selain itu, OC-17 juga berfungsi untuk mempercepat proses pembentukan cangkang ayam sehingga biasanya dalam waktu 24 jam telor tersebut sudah siap untuk di keluarkan.

Teka-teki duluan mana ayam atau telor sudah terjawab


Jadi kesimpulannya sebuah telor tidak dapat di bentuk dari protein OC-17, sedangkan OC-17 tersebut hanya terdapat pada indung ayam, jadi yang perlu digaris bawahi dari penelitian tersebut ayamlah yang lebih dulu ada di banding telor tersebut. Oke ya fix jika ayam yang lebih dulu ada jika kita melihat alasan diatas.

Nah, selanjutnya pasti kalian berfikir lagi ni, jika ayam yang lebih dulu ada lalu bagaimana bisa muncul ayam hidup di dunia ini, sedangkan ayam berasal dari telor sedangkan telor hanya bisa di bentuk dari indung ayam, muter-muter kan!.

Dari mana ayam berasal?


Nah, untuk menjawab pertanyaan dari mana ayam berasal, maka teori evolusi hadir untuk memberikan prespektif yang betul-betul mencerahkan.

Jika di rumuskan teori evolsii tersebut jadi gini sob, Evolusi = seleksi alam + mutasi.

Dalam sebuah reproduksi, ketika dua organisme bersatu maka akan menurunkan sebuah informasi genetika dalam sebuah DNA.

Jika sel telur bertemu dengan sel sperma maka keduanya akan Fertilisasi dan terbentuklah zigot, zigot yang mengandung 2 kombinasi genetika dari kedua induknya tersebut akan terus membelah, nah, selama pembelahan tersebut terjadi maka DNA akan melakukan replikasi dari kedua genetika yang berbeda tersebut sob.

Melalui ribuan generasi dari persilangan sel sperma dengan sel telur dari induk yang berbeda tersebutlah mampu menciptakan jenis ayam yang kita kenal saat ini.

Jadi jika telor hanya bisa terbentuk dari protein OC-17, maka jenis ayam yang menghasilkan OC-17 pertama kali merupakan jenis ayam dari mutasi sebelumnya sob.


sejarah ayam dan telur

Nah itulah teka-teki tentang telur atau ayam yang lebih dulu ada jika di pandang melalui dunia sains, semoa artikel ini bisa menambah wawasan kamu ya sob.



Posting Komentar untuk "Ayam Atau Telur Yang Duluan? Jawabannya Asli Bikin Kaget!"