Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi

Stres memang hidup di tengah pandemi seperti ini. Boro-boro beli barang yang sudah lama diinginkan, besok masih bisa makan aja sudah bersyukur banget.

Yang masih bekerja sih enak, masih ada pemasukan meski beberapa kebijakan seperti pemotongan gaji dibuat oleh perusahaannya.

Tetapi bagi yang terkena PHK atau usahanya gulung tikar bagaimana?

Pusing tujuh keliling pastinya.

Sama halnya kalian yang merasakan itu, saya juga sangat stres dengan kondisi ini. 

Sekitar 5 bulan lalu sewaktu covid-19 sedang berada di puncak penyebarannya di seluruh dunia, saya juga harus kehilangan pekerjaan sebagai karyawan toko. Bukan di pecat, melainkan tempat saya bekerja harus tutup sementara karena sepi pengunjung.

Waktu itu sebenarnya sedikit jengkel karena beberapa minggu lagi mau lebaran, tetapi mau gimana lagi melihat toko tidak ada pembeli gak mungkin juga bos mau gaji saya. Ya, sedikit maklum dengan kondisi seperti itu.

Seketika saya mencari pekerjaan tetapi hampir sebulan mencari tidak mendapatkannya. Bukan pilah-pilih pekerjaan tetapi tidak ada lowongan kerja.

Namanya sedang stres gak karuan karena mau lebaran, waktu itu sampai lupa jika saya memiliki kegiatan yang biasa dilakukan di internet.

Bukan update status maupun ghibahin artis, tetapi beberapa tahun ini saya memang bisa dikatakan mencari penghasilan sampingan dari internet melalui blog maupun menulis di situs orang. 

Karena tidak ada pekerjaan dibanding hanya mengeluh dan pusing, ya sudah saya lebih banyak menulis di blog, itung-itung mengisi waktu dari pada gila.

Tetapi siapa sangka berkat waktu yang lebih banyak untuk menulis, sekarang justru tidak perlu repot-repot lagi mencari pekerjaan untuk sementara waktu bisa juga selamanya.

Bukan tanpa sebab, setelah lebih fokus pendapatan saya dari beberapa blog bisa di katakan naik dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Jelas saya bersyukur banget bisa terbantu masalah uang di tengah pandemi seperti ini.

Menghasilkan Uang

Tidak hanya pendapatan naik, setelah fokus menulis juga banyak teman yang sedikit kepo tentang keseharian saya. Bukan kepoin pendapatan melainkan banyak yang mengira jika saya pergi merantau.

Dugaan tersebut wajar karena saya jadi lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dibanding nongkrong.

Tetapi dari rasa kepo tersebut saya bersyukur bisa menjelaskan panjang kali lebar tentang keseharian saya. Bahkan saat ini juga banyak dari netizen satu RT yang tak lain merupakan teman saya mulai melek dengan internet.

Selain pengguna internet akan terus meningkat peluang menghasilkan uang juga akan terus bertambah. Itulah sebabnya memanfaatkan internet di tengah kondisi saat ini merupakan hal wajib dilakukan siapa saja dibanding mengeluh tidak ada arti.

Jika kalian ada yang mengira saya punya gelar sarjana sehingga lebih mudah memanfaatkan peluang dari internet. Dugaan kalian salah besar.

Saya hanya seorang lulusan SMP yang memang penasaran dengan hal-hal baru. 

Berawal dari beberapa tahun lalu ketika internet belum seramai seperti saat ini. Saya dulu hanya seorang pembaca biasa yang sering mencari artikel tutorial dan informasi lainnya dari google.

Seiringnya waktu, saya penasaran bagaimana sebuah halaman situs itu bekerja, apa keuntungannya dan beberapa pertanyaan lain yang ada di benak saya saat itu.

Membaca dan terus mencari informasi sampailah dititik yang menurut saya mustahil yakni menghasilkan uang melalui internet.

Mengetahui hal tersebut, rasa penasaran saya akan dunia internet semakin meronta-ronta. Maklum sudah kebayang yang ijo dan merah masuk dompet.

Meski hanya bermodal hp jadul dan kuota internet akhirnya saya mencoba membuat blog sendiri.

Setelah 6 bulan mempunyai blog, saya daftarkan blog tersebut ke google adsense. 

Siapa sangka, sekitar 3 minggu kemudian ternyata ada email masuk jika blog saya diterima google adsense. Deg-deg ser rasanya saat itu.

Berkat penghasilan yang mulai terlihat, saya lebih semangat dan terus mencari peluang untuk menghasilkan uang dari blog.

Setelah menggali lebih dalam informasi dari internet, ternyata peluang menghasilkan uang dari sebuah blog banyak sekali.

Entah karena rakus atau semangat. Spontan saya membuat beberapa blog lagi untuk jalan berbeda meski tujuan sama yakni menghasilkan uang.

Alasan saya membangun blog lagi yang terlintas dalam pikiran saat itu ingin lebih tertarget aja si.

Berikut sumber penghasilan yang saya dapatkan dari blog.

1. Mengikuti Program Afiliasi

Secara mudahnya, afiliasi merupakan program yang diberikan dari sebuah produk untuk mengajak pelanggan baru mendaftar melalui link yang saya sediakan.

Nah, jika ada pelanggan membeli produk dari link tersebut nantinya saya akan mendapatkan komisi. Besar komisinya tergantung kebijakan dari produknya.

2. Iklan

Kamu pasti pernah melihat sebuah situs/blog yang menampilkan iklan suatu produk. Ya, iklan tersebut merupakan kerjasama antara pengiklan dengan pemilik blog melalui situs periklanan seperti google adsense, mgid dsb.

Biasanya pemilik blog akan mendapatkan uang melalui klik iklan dari pengunjung. Semakin banyak yang klik semakin besar pula penghasilan yang di dapat. Tapi jangan sekali-kali klik iklan sendiri karena itu melanggar aturan.

Tetapi ada juga pengiklan yang langsung menghubungi pemilik situs, biasanya si untuk review produk, tanam baclink dsb.

Dari iklan-iklan tersebutlah para blogger mendapatkan pundi-pundi rupiahnya. Termasuk saya.

3. Menjual Blog

Mungkin dari kalian ada yang bertanya, memangnya laku jualan blog?

Jawabannya adalah laku banget.

Selain dari program afiliasi dan iklan, saya juga mendapatkan uang dari hasil penjualan blog. 

Tetapi bukan blog biasa, karena yang saya jual merupakan blog yang sudah diterima google adsense. Makanya laku hehe.

Bagi blogger yang pengen instan tentu lebih memilih membeli blog yang sudah diterima google adsense karena tidak repot lagi mempersiapkan persyaratannya. Dan saya manfaatkan peluang itu.

Sebenarnya tidak hanya 3 macam tersebut. Banyak sekali peluang menghasilkan uang dari blog seperti membuka jasa backlink, jasa PBN, menjual produk, mengikuti lomba blog dsb.

Kok isinya jadi curhat doang yah?

Bukan, saya cuman sedikit memberi gambaran jika keterbatasan bukan menjadi penghalang asal mau dan tahu.


Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi


Kenapa MAU dan TAHU?

Karena saya ingin mengubah keraguan kamu hanya dengan modal mau dan tahu kamu juga bisa memanfaatkan internet sebagai cara baru menghasilkan uang.

1. MAU 

Bagi saya kemauan adalah utama, menghasilkan uang dari internet tidak butuh ijazah atau gelar yang kamu miliki sebagai syaratnya.

Semua orang dari berbagai kalangan mendapatkan porsi yang sama serta kesempatan yang sama pula.

Hanya saja mudah putus asa dan terlalu berharap instan menjadi penghambat utama bagi seseorang yang baru mulai dibidang apapun.

2. TAHU

Pengetahuan memang menjadi salah satu faktor penting agar bisa menjalankan sesuatu. Tetapi hidup di era digital menurut saya kemauanlah yang paling utama.

Kenapa bisa begitu?

Karena informasi apapun saat ini sangat mudah didapat hanya dengan satu klik.

Sekarang coba ketik di google apa yang kalian butuhkan. 

Apakah tidak ada tutorialnya?

Apakah google hanya menampilkan informasi orang-orang sukses dan berita artis?

Tentu tidak bukan.

Makanya, manfaatkanlah internet sebagai sarana belajar secara gratis, mudah serta efisien.

Dibanding saya dulu. Kamu lebih beruntung karena peluang menghasilkan uang di internet saat ini jauh lebih banyak.

Selain itu, informasi yang ada juga lebih lengkap dan mendetail, tidak seperti saya saat baru mulai yang harus dibarengi eksperimen dan analisa sendiri karena informasinya masih sedikit dan kurang detail. 

Makanya rugi banget jika kamu tidak memanfaatkan internet saat ini.

Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi

Tetapi tidak hanya mau dan tahu saja yang diandalkan. Kamu juga harus memikirkan faktor lain yang menjadi penentu agar bisa mendapatkan penghasilan di internet secara konsisten dan memuaskan.

Dari beberapa kejadian yang saya jumpai ada 9 hal penting yang wajib kamu waspadai agar tidak buang-buang waktu.

1. Kesalahan

Namanya menjalankan sesuatu yang baru, saya bukan tanpa kesalahan saat itu.

Banyak kesalahan yang membuat saya frustasi dan stres. Tetapi dari kesalahan tersebut saya jadi belajar ternyata masih banyak hal yang belum saya ketahui.

Jadi sikapilah kesalahan dengan bijak karena itu bisa membuatmu lebih banyak belajar agar bisa menghindari kesalahan berikutnya.

2. Menyerah

Merasa sulit, berat dan tidak mampu membuat saya pernah menyerah dan meninggalkan semua tujuan saya di internet.

Tetapi setelah hampir setahun off dari internet saya sadar jika menyerah semua yang sudah dikerjakan akan sia-sia.

Saya bersyukur, dari semangat baru itu usaha yang saya lakukan tidak membohongi hasilnya hingga sekarang.

Jika dalam prosesnya kamu mengalami hal serupa saya saranin agar lebih dewasa untuk menyikapinya.

3. Berharap Instan

Salah satu faktor lain yang membuat saya pernah menyerah yakni terlalu berharap instan.

Ya, mungkin wajar. Tetapi ekspektasi awal apalagi dengan membayangkan kesuksesan orang justru membuat capek jika tidak sesuai harapan.

Jadi jalani saja dengan berpikir pakai logika dan realita. Jika hasilnya belum ada berarti usahanya yang masih biasa. Tingkatkan itu solusinya.

4. Mudah Puas

Sama halnya cari uang di dunia nyata, cari uang dari internet juga butuh ketekunan dan usaha secara konsisten agar tetap bertahan.

Saya dulu juga begitu terlalu bangga dan merasa cepat puas dengan hasil yang sudah saya dapatkan sampai lupa ternyata pesaing saya banyak.

Ingat, semakin diatas semakin berat yang harus kamu lakukan. Karena menjadi juara itu lebih mudah dibanding mempertahankannya

5. Kurang Konsisten 

Sebelum ada pandemi bisa dikatakan saya menganggap biasa saja mencari penghasilan dari internet meski saya pernah mendapatkan rata-rata 3 juta perbulan.

Saya juga tidak tahu pasti penyebabnya. Yang jelas saat ini sangat menyesal tidak konsisten menekuni dunia internet dari pertama kali semenjak saya belajar. Itulah intinya.

Satu-satunya alasan yang membuat saya tidak konsisten adalah selalu menyerah disaat merasa pusing dan berat. Diperparah pada fase tersebut penghasilannya juga tidak seberapa sehingga jadi malas dan memilih untuk istirahat terlebih dahulu.

Tetapi masalahnya waktu istirahat saya terkadang bisa sampai 1-3 bulan itulah penyakitnya.

Setelah dipikir lagi memang sangat bodoh. Selain buang-buang waktu saya justru tidak bisa memanfaatkan kesalahan tersebut untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Itulah mengapa saya mewanti-wanti kalian agar tetap konsisten meski pendapatan yang didapat sedang turun bahkan tidak menghasilkan karena fase tersebut merupakan arti dari sebuah perjuangan.

6. Tidak Fokus Dalam Satu Bidang

Saya termasuk orang yang paling penasaran dengan hal-hal baru. Namanya juga usaha barang kali dapat yang lebih enak kan.

Awalnya sih cuman fokus di blog bikin artikel, tetapi karena penasaran tentang desain logo, youtube, bikin aplikasi semuanya sempat saya jalankan loh.

Anehnya, meski menambah pekerjaan penghasilan saya justru menurun jauh. Ketawa saja waktu itu.

Nah, supaya kamu tidak mengalami hal serupa lebih baik maksimalkanlah satu persatu, sekiranya sudah mampu barulah fokus dengan hal baru.

7. Kurang Inovasi

Siapa sih yang suka dengan hal yang itu-itu saja atau monoton. Semua orang pasti akan bosan jika melihatnya.

Jika nantinya sudah berjalan, teruslah berinovasi menciptakan hal baru minimal lakukan pengembangan agar orang yang mengetahui bisnis kamu tidak bosan dan meninggalkannya. 

8. Teori Tanpa Praktek

Mungkin kalian pernah dengar ada orang hanya pintar teori tapi giliran praktek sama aja. 

Itu saya rasakan. 

Dulu awalnya saya hanya fokus belajar dan terus belajar tanpa praktek. Didalam hati si sudah merasa menguasai segalanya, sudah bangga dan cenderung sombong pada diri sendiri. Giliran prakteknya ternyata ada perbedaan dari semua yang saya pelajari.

Bukan materi yang salah, hanya saja kemampuan dan cara berfikir orang yang menjadi perbedaannya.

So, bagi kamu yang baru mulai sebaiknya belajarlah sambil praktek supaya lebih cepat tahu letak kekurangan yang sudah dipelajari.

9. Terlalu Menikmati Manisnya Keadaan

Sedikit cerita manis dari pengalaman saya saat menulis artikel di UC-media.

Ia, selama 3 tahun saya bergabung bersama UC. Selama 3 tahun juga bisa dibilang saya meninggalkan aktifitas saya di blog.

Bukan tanpa alasan, karena saya tergiur dengan penghasilannya disana. Di puncaknya saya pernah mendapatkan uang 2-4 juta perbulan. Bahkan teman saya jauh lebih besar.

Dari pengalaman tersebut sebenarnya bukan nominal yang ingin saya ceritakan. Tetapi yang ingin dibagi adalah dibalik manisnya projek-projek yang diberikan dari tim UC.

Kenapa?

Karena ada penyesalan di balik itu semua (UC-media sudah tutup)

Tidak menyalahkan pihak manapun, tapi saya menyalahkan diri sendiri. Seandainya sewaktu manis bisa saya gunakan untuk membangun sebuah brand atau membuka usaha sendiri pasti nominal tersebut masih rutin masuk rekening.

Sayangnya, hal tersebut tidak terpikirkan saat itu. Saya justru terlalu santai dan tidak memikirkan nasib selanjutnya. 

Bahkan blog yang saya bangun jauh sebelum bergabung dengan UC sampai terlantar dan harus mulai dari nol lagi.

Dari sedikit cerita saya tersebut, jika suatu saat kamu sudah mendapatkan hasil dari pekerjaan yang ada di internet entah jadi penulis artikel ataupun lainnya, selama itu masih membawa nama perusahaan orang jangan pernah bangga. 

Tetaplah pada tujuan utama yakni memiliki usaha sendiri. 


Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi


Jika 9 hal tersebut sudah menyerap, selanjutnya lakukanlah skema dibawah ini agar kamu lebih mudah mendapatkan penghasilan hingga sukses dari internet meski tanpa modal.

1. Cari Penghasilan Yang Cepat Menghasilkan

Meski saya mulai menghasilkan uang dan penghasilan utama saat ini dari blog, tetapi bagi kalian yang ingin mendapatkan uang secara cepat apalagi baru mulai di bidang ini saya tidak merekomendasikan untuk fokus di blog dalam beberapa bulan.

Kenapa?

Karena untuk mendapatkan uang dari blog butuh proses yang lumayan panjang. Saya takut kamu terlalu berharap dan ujungnya putus asa.

Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini. Mencari penghasilan yang cepat terlihat hasilnya memang sangat dibutuhkan.

Oleh sebab itu sembari kalian mempelajari cara kerja sebuah blog/situs secara detail, kalian bisa menulis artikel di situs orang terlebih dahulu atau mencari pekerjaan lain melalui situs-situs seperti sribulancer dsb.

Di situs seperti sribulancer kamu akan menemukan banyak pekerjaan seperti jasa editing, menulis artikel, penerjemah, desain logo dan banyak lagi.

Selain menghasilkan uangnya lebih cepat. Kamu juga akan menemukan banyak pelajaran yang nantinya bisa di terapkan di blog/situs yang kamu bangun.

Dengan memulainya dari yang cepat menghasilkan, saya jamin kedepan kamu akan lebih semangat untuk menekuni dunia maya yang fana ini hehe.

2. Pengembangan Kemampuan

Jika sebelumnya saya merekomendasikan untuk lebih fokus mencari penghasilan dari pekerjaan yang sudah tersedia.

Maka pada tahap ini kamu harus mulai memikirkan dan menyisihkan uangmu untuk lebih serius membangun bisnis kamu.

Jika kamu hobi menulis maka lebih serius dalam mengembangkan tulisanmu melalui blog atau mencoba kirimkan karyamu ke media cetak.

Tetapi jika kamu hobi berjualan maka bangunlah sebuah situs untuk berjualan online.

Intinya kembangkanlah potensi yang sesuai dengan kemampuan dan hobi kamu. Minimal kamu menyukai apa yang kamu kerjakan.

3. Mempunyai Website

Meski ada social media seperti facebook, instagram maupun youtube sebagai sarana untuk memperkenalkan bisnis kamu.

Tetapi di zaman sekarang sebuah bisnis tanpa ada website ibarat sayur tanpa garam.

Apa alasannya?

Berikut alasan kenapa sebuah bisnis di zaman sekarang wajib memiliki website;
  1. Lebih terpercaya
  2. Sumber Informasi pelanggan
  3. Meningkatkan omset
  4. Dapat membantu pelanggan
  5. Selangkah lebih maju dari pesaing (offline)
Memang, untuk mempunyai website/situs harus dibutuhkan sebuah keahlian minimal pengetahuan untuk membuatnya.

Selain itu, kamu juga harus mencari penyedia web hosting terbaik dan terpercaya sebagai layanan hosting dan domain kamu.

Biar kamu gak pusing saya rekomendasikan layanan Hosting Terbaik Indonesia dari Exabytes.co.id.
Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi


Dengan pengalaman lebih dari 18 tahun, di Exabytes kamu lebih mudah memiliki sebuah website yang profesional.

Apalagi dengan layanan customer servisnya yang ramah tentunya akan lebih mudah memahami saat menemukan kesulitan.

Selain itu, dengan Exabytes Indonesia kamu juga bisa memiliki sebuah Email Bisnis Kapasitas Besar supaya bisnis yang dijalankan terlihat lebih profesional.

Berikut keuntungan email bisnis dibanding email gratisan.
  1. Mencerminkan Bisnis Yang Dikelola
  2. Menambah Kepercayaan Pelanggan
  3. Membantu Melindungi Data Bisnis
  4. Bebas Dari Indikasi Spam
  5. Bisa Diakses Di Semua Perangkat
  6. Lebih Mudah Dalam Mengontrol Bisnis
Tidak hanya sebagai penyedia webhosting terbaik. Kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan melalui Program Afiliasi Terbaik yang diberikan Exabytes.

Besaran komisi yang akan kamu dapat juga lumayan besar yakni Rp 75.000- Rp 1.295.280 tergantung paket dan kategori produk yang dipilih oleh klien yang kamu dapatkan.

Dengan mengikuti program afiliasi tersebut tentu bisa mengurangi biaya pembuatan website kamu disana. Bahkan bisa dibilang gratis jika kamu banyak mendatangkan klien untuk ikut mendaftar juga. Menarik bukan.

Selain berpengalaman dan sudah di percaya dari lebih 140.000 pelanggan di seluruh dunia. Berikut 13 alasan kenapa saya merekomendasikan Exabytes Indonesia sebagai web hosting pilihan kamu.

1. Gratis DNS Management
2. Gratis SSL HTTPS
3. Bantuan Teknis Profesional 24 Jam
4. Customer Servis Yang Ramah
5. Customer Care
6. Keunggulan Dalam Kemanan
7. Server Dan Jaringan Yang Cepat
8. Spam Dan Penyaring Virus
9. Memiliki Jutaan Fitur
10. Layanan Berskabilitas
11. Harga Yang Bersaing
12. Aktivasi Akun Yang Cepat
13. Ada Garansi 100 Hari Uang Kembali

Untuk mengenal jauh tentang exabytes kamu bisa kunjungi situs resminya maupun akun media sosialnya melalui link berikut ini;
Sedangkan untuk mendaftar silahkan klik tombol dibawah ini.
4. Pengembangan Usaha

Jika sebelumnya pengembangan kemampuan maka pada tahap ini adalah pengembangan usaha.

Jika suatu saat sudah memiliki brand apalagi sudah dikenal banyak orang. Pada masa itu kamu akan merasakan betapa hebatnya goncangan dari pesaingmu.

Oleh sebab itu, jangan pernah lengah dan berfikir terus untuk menciptakan gebrakan baru agar brand yang sudah dibangun tidak akan tenggelam.

Coba kamu lihat produsen motor seperti Honda, Suzuki Dan Yamaha.

Jika salah satu perusahaan tersebut tidak menciptakan motor baru apakah akan bertahan, tentu tidak bukan. Nah, itu contohnya.

Ciptakanlah inovasi baru yang disesuaikan dengan kondisi merupahan hal wajib yang harus di lakukan dalam menjalankan bisnis.

Itulah serangkaian tips dan cerita dari saya, jika kamu mampu melewati itu semua saya yakin kamu akan sukses dari internet. Lakukanlah sekarang.

Penutup

Jangan pernah melihat kesuksesan seseorang dari apa yang dia miliki tapi lihatlah bagaimana cara dia mendapatkannya.




Posting Komentar untuk "Menghasilkan Uang Di Internet Saat Pandemi"